Melihat Lumba-lumba dengan jukung di Pantai Lovina bersama Matahari Terbit

Ingin sesuatu yang beda mungkin anda dapat coba untuk melihat lumba-lumba langsung ditengah lautan dengan kapal Jukung saat matahari terbit di pantai lovina. Atraksi wisata satu-satunya yang hanya bisa didapatkan di pesisir pantai bali bagian utara kota singaraja.

credit picture: jejakpiknik.com

Pantai lovina merupakan pantai berpasir hitam, yang disepanjang pantai telah dipadati oleh hotel,  bar dan restoran. Pantai lovina sangat populer dikalangan wisatawan karena atraksi melihat lumba-lumba langsung dihabitatnya, yang dapat ditempuh 1 km ketengah laut menggunakan jukung hanya pada saat pagi hari.



Sejarah dan lokasi pantai lovina

Pantai lovina terletak di desa kalibuk sekitar 20 menit dari kota singaraja. Pantai lovina telah dikembangkan sejak kota provinsi bali masih berpusat di singaraja sebelum akhirnya dialihkankan menjadi denpasar pada tahun 1960. Pantai lovina berasal dari sebuah nama penginapan pertama dikala itu yang sekarang ini bernama lovina beach hotel yang dimiliki oleh seorang tokoh, keturunan raja buleleng anak agung pandji tisna. Lovina sendiri diambil dari dua kata kecintaan indonesia yaitu LOVE dan INA.

Cara pergi ke Pantai Lovina



Untuk pergi ke lovina dari kuta dibutuhkan waktu 3 jam berkendara. Transportasi paling ideal adalah dengan mobil,  karena jarak yang akan di tempuh sekitar 90 km dengan medan jalan menyeberangi gunung dan perbukitan bedugul. Tapi jika anda suka berpetualang,  akan lebih menantang untuk anda menggunakan jasa sewa motor di bali. Untuk rute yang diambil adalah menuju kota singaraja selanjutnya menuju pantai lovina dengan mengambil jalan seririt -  singaraja,  hingga akhirnya tiba di jalan binaria yang merupakan tempat bersandar 50 Jukung yang akan mengantarkan anda menuju tengah laut pantai lovina untuk melihat lumba-lumba.

2 cara terbaik ke Lovina untuk melihat Lumba-Lumba adalah dengan menginap dan tanpa menginap.

  1. Ikan lumba-lumba yang banyak muncul ke permukaan saat menjelang fajar mewajibkan anda untuk menyesuaikan waktu perjalanan anda.  Jika anda tidak ingin menginap,  anda wajib berangkat dini hari atau sekitar jam 2 subuh tentunya dibarengin dengan kondisi prima dan kendaraan yang sehat tapi akan beresiko dengan medan jalan gelap dan berliku serta kabut yang bisa turun sewaktu-waktu.
  2. Menginap merupakan cara terbaik dan teraman memastikan kunjungan anda berjalan lancar.  Ada banyak penginapan disekitar pantai lovina, salah satunya adalah angsoka hotel.

Ini merupakan hotel yang berada di jalan binaria yang berada dekat dengan lokasi pelabuhan kapal di pantai lovina yang akan mengantarkan anda menyaksikan ikan lumba-lumba. Kelebihan lain,  pihak hotel telah memiliki relasi dengan pihak kapal jukung,  jadi untuk reservasi cukup langsung dengan pihak hotel dan selanjutnya pada jam 4 subuh,  anda akan diingatkan dengan dibangunkan oleh pihak hotel,  jadi tidak ada kata terlambat buat anda dan untuk ke kapal cukup dengan berjalan kaki karena lokasinya yang dekat.


Biaya melihat lumba-lumba di pantai lovina

Untuk biaya yang harus anda persiapkan dan melihat lumba hanya untuk sewa kapal jukung saja.  Hitungannya adalah perorang bukan berkapal, jadi tiap orang akan dikenakan Rp 100rb/orang dengan maksimal penumpang dalam 1 kapal hingga 6 orang. Tapi jika anda datang bersama rombongan dengan minimal 4 orang,  anda tidak akan digabungkan dengan penumpang lain. Durasi untuk menonton lumba sekitar 2 jam ditengah lautan dengan 2 pilihan waktu.


Waktu pertama,  keberangkatan jam 6 pagi dan yang kedua jam 8 pagi. Tapi tentu yang paling rekomendasi adalah jam 6 pagi,  selain peluang melihat lumba-lumba lebih besar,  anda juga akan disuguhkan dengan pemandangan matahari terbit ditengah laut. Untuk waktu terbaik datang adalah pada saat musim panas,  karena jika di musim penghujan turun ada kemungkinan anda tidak akan melihat lumba-lumba. Tentunya anda tidak ingin usaha anda menjadi sia-sia.

No comments:

Post a Comment

Pages

Anda punya pertanyaan? chat with us on WhatsApp
iya saya sewakan motor di bali ...
mulai WHATSAPP disini