GWK - Garuda Wisnu Kencana - Tempat Wisata Budaya


Garuda Wisnu Kencana atau lebih mudahnya dipanggil GWK Merupakan Salah satu Tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi. Dengan mengusung konsep taman wisata budaya, tempat ini dirasa mampu mengenalkan bali kepada dunia melalui pariwisata. Setiap harinya ratusan orang dilibatkan dalam berbagai pertunjukan seni dan tari dengan diiringi instrumen musik gamelan bali yang dapat anda saksikan di area dalam gwk secara gratis, karena sudah masuk kedalam harga tiket masuk objek wisata gwk.

Sejarah dan Perkembangan gwk

Menjadi ikon wisata di Bali Selatan dengan luas sekitar 60 hektar Berdiri patung besar dengan tinggi 18 meter dimana mengisahkan Dewa Wisnu yang sedang menaiki burung Garuda sebagai kendaraanya dan merupakan asal mula nama dari Garuda Wisnu Kencana diambil. Patung GWK saat ini masih dalam proses pengerjaan dan direncanakan akan menjadi maha karya seni patung tertinggi di dunia dengan tinggi 126 m dan lebar 60 m mengalahkan tinggi patung Liberty di new york amerika dan menjadi maskot kebanggaan pulau Bali. I Nyoman nuarta merupakan pemrakarsa dan sekaligus arsitek dibangunnya patung GWK, proses perencanaan dan pengerjaannya dimulai dari tahun 1997 dan mulai beroperasi pada tahun 2003 Dan saat ini pengelolalannya diambail alih oleh properti terkenal di Indonesia PT. Alam Sutera reality dari yayasan GWK resmi dari tahun 2013.


Daya tarik wisata GWK

  • Memasuki kawasan GWK anda akan melihat kebun luas dengan taman yang tertata rapi dengan dekorasi lampu taman dan pintu masuk besar yang diukir cantik terbuat dari batu kapur. 
  • Di area dalam Anda akan melihat deretan toko galeri megah dengan struktur dasar batu kapur yang tertata rapi dan terpadu. 
  •  Melewati pintu masuk motor memasuki kawasan parkir Anda akan melihat ukiran besar pada dinding bukit batu kapur menjadi karakteristik uniknya GWK.
  •  Dikawasan utama Sebagai ikon wisata Bali, berfoto di area GWK dengan latar burung garuda dan patung dewa wisnu merupakan hal terpenting bila anda berkunjung kesana.
  • Menyaksikan berbagai pertunjuka seni dan tari tak akan terlewatkan yang diadakan secara berganti sepanjang hari di amphitheater. pertunjukan yang tidak boleh dilewatkan adalah pertunjukan barong dan Kecak juga diadakan setiap hari merupakam kesenian tari paling populer di bali.
  •  Keluar dari kawasan utaman gwk anda bisa Membeli souvenir khas Bali di street theater sebagai cendera mata dalam kunjungan anda di GWK.
  •  Jika merasa lapar, anda dapat menikmati sajian buffet dan menu alacarte di jendela restaurant dan beranda restauran yang memiliki view indah menghadap keselatan dengan pemandangan indah kota kuta, bandara ngurah rai, denpasar dan semua bali selatan dari ketinggian.

Lokasi obyek wisata GWK

GWK berjarak 15 km atau sekitar 30 menit berkendara dengan motor dari bandara Ngurah Rai tepatnya berada di desa ungasan bukit jimbaran yang memiliki keadaan wilayah berbatu kapur. Akses Gwk berada tepat dipinggir jalan raya uluwatu yang merupakan akses utama menuju kebeberapa tempat wisata ternama di bali selatan seperti pantai pandawa, pantai dreamland, pantai padang-padang dan pantai pandawa.

Waktu dan cara Berkunjung ke gwk


Waktu terbaik untuk berkunjung ke gwk adalah pada siang hari karena kondisi jalanan disekitar belum terlalu padat, selain itu anda juga dapat menyaksikan pertunjukan barong yang pementasannya hanya dilakukan sekali sehari pada jam 10.30 tapi buat anda yang tidak sempat datang pada siang hari bisa juga berkunjung pada sore hari, karena ada pertunjukan tarian kecak yang tidak kalah populer dan setiap hari pementasanya pada jam 18.30 - 19.30

Cara terbaik berkunjung ke GWK

Melihat lokasi Gwk yang tidak begitu jauh, sewa motor di bali merupakan pilihan transportasi terbaik untuk pergi kesana. Selain murah tentunya anda akan lebih cepat sampai tujuan karena terhindar dari jebakan macet pada persimpangan lampu merah memasuki kawasan unud maupun kemacetan yang biasa terjadi pada jalan masuk utama gwk. Selain itu banyak tempat wisata dekat Gwk yang memang baiknya dikunjungi dengan sepeda motor seperti dreamland dan pantai padang- padang.

No comments:

Post a Comment

Pages

Anda punya pertanyaan? chat with us on WhatsApp
iya saya sewakan motor di bali ...
mulai WHATSAPP disini